Alamat
  • Jl. Kesehatan No.52, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Kontak Person
  • (0274) 554561
  • (0274) 554561
Jam Kerja
  • Customer Service:
    Senin-Jumat : 08.00 - 16.00 WIB
    Sabtu : 08.00-15.00 WIB
  • Jam Kerja Transaksi:
    Senin-Jumat : 08.00 - 16.00 WIB
    Sabtu : 08.00-15.00 WIB
  • Setip hari buka kecuali tanggal merah

Air Hujan bisa Merusak Body dan Cat Mobil


Memasuki musim penghujan perawatan mobil harus dilakukan ekstra mulai mengganti karet wiper, merotasi ban mobil sampai lebih sering mencuci mobil. Nah guyuran air hujan ternyata berbahaya bagi mobil, berbeda dengan air biasa dimana air hujan ini lebih bisa menyebabkan karat dan buramnya cat dibanding air biasa.
Air Hujan Mengandung Garam
Sebagian besar uap air (awan) dihasilkan dari penguapan air laut yang membawa sedikit garam, karena perbandingan air laut dengan air di darat sangat besar bahkan tidak sebanding. Air dengan sedikit garam ini ternyata cukup tajam untuk cat mobil, ketika dia dilap sebenarnya secara tak kasat mata cat telah digores oleh air hujan ini sehingga sering dikatakan air hujan berbahaya untuk cat mobil.

Air yang mengandung garam ini akan dengan cepat membuat logam berkarat daripada air biasa/ mata air/ PAM, body/ bagian mobil yang terbuat dari logam adalah musuh utama dari air hujan ini. Seringnya terkena air hujan yang tidak dibilas dengan air PDAM ini yang menyebabkan mobil keropos.
Air hujan juga memiliki PH yang tidak seimbang yaitu cenderung asam dengan PH rata-rata untuk hujan normal adalah 6 sementara untuk hujan yang tidak normal (hujan asam) PH lebih asam lagi yakni dibawah 6 sekitar 5,6. Sementara untuk air tawar yang baik seperti dari mata air atau PAM yang baik memiliki PH standar yakni 7 sampai 8,5.
Ketidak seimbangan PH misalnya terlalu asam/ basa ternyata bisa merusak cat mobil yakni mengkorosi cat mobil, semakin asam air juga bisa mempercepat reaksi karat pada logam.
Kesimpulan: Air hujam mengandung garam dan asam yang bisa merusak cat dan membuat logam berkarat, mobil menjadi lebih cepat buram dan cepat berkarat (akibat garam dan asam)
Air Hujan memiliki kadar Oksigen lebih Tinggi
Air hujan ini sebelum terbentuk adalah awan yang berterbangan dan memiliki kandungan oksigen lebih banyak, dimana sebenarnya oksigen inilah yang membuat logam berkarat (oksidasi logam)
Jika guyuran air hujan mengenai logam, maka air dengan tingkat oksigen tinggi ini akan langsung masuk ke retakan mikro permukaan logam dan mengisi retakan-retakan mikro tersebut dengan air+oksigen dan menjadikan karat.

Membilas setelah terkena air hujan
 
Bagaimana jika mobil kita habis melewati jalan dengan kondisi hujan lebat? ada baiknya jangan langsung dilap karena garam mikro pada air hujan bisa menggores cat jika langsung di lap.
Bilaslah dengan air bersih, guyur/ semprot dengan air PDAM atau dari mata air yang masih bersih, fungsinya selain untuk menghilangkan air hujan juga untuk meluruhkan kotoran-kotoran seperti debu/ lumpur/ pasir yang menempel pada body mobil.
Jika memungkinkan pecinta otomotif bisa langsusng mencuci mobil sesaat setelah melewati hujan, akan tetapi jika tidak memungkinkan maka mengguyur dan mengelap mobil setelah terkena hujan akan sangat membantu mencegah kerusakan pada logam dan cat mobil, dalam mencuci mobil memakai shampo/ sabun cuci khusus mobil akan menjaga kecemerlangan cat mobil (tidak mudah buram), memakai lap microfiber juga akan mencegah goresan pada cat. Atau melakikan cuci mobil di tempat jasa cuci mobil. Di bengke gadjah mada auto service juga memberikan layanan cuci mobil dengan biaya yang terjangkau. Di bengkel gadjah mada auto service juga memberika perawatan salon mobil, dan memberikan perawatan dan perbaikan lain untuk mobil pribadi.

Sumber~mobilku.org*

Artikel Lainnya :
Kamis, 20 April 2017 - 11:04:20 WIB | dibaca 549 x
Sekarang alat transportasi khususnya mobil sangat banyak. Oleh karena itu harus ada perawatan yang maksimal. Mobil Operasional Fitra Catering mempercayakan kepada gama auto service untuk melakaukan .....
Jumat, 21 April 2017 - 09:39:02 WIB | dibaca 518 x
Perawatan dan perbaikan mobil harus di perhatiakan. Apalagi jika mobil tersebut termasuk mobil klasik. Butuh perawatan ekstra pada mobil klasik. Bagi para pecinta mobil klasik jika kebingungan untuk .....
Jumat, 21 April 2017 - 15:22:48 WIB | dibaca 470 x
Mobil Ambulance RSUP Dr.Sardjito mengalamai kendala pada AC. Maka dari itu Gama Auto Service dipercaya untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Ada bebrapa hal yang membuat AC mobil tidak dingin .....
Sabtu, 22 April 2017 - 11:08:14 WIB | dibaca 552 x
Engine adalah salah satu bagian penting dari kendaraan, yang di dalamnya terdiri dari komponen-komponen yang kompleks dan saling terhubung. Sehingga engine memerlukan perawatan yang rutin agar kerja .....
Selasa, 25 April 2017 - 10:20:16 WIB | dibaca 560 x
Pada umumnya pekerjaan tune-up adalah proses teratur pemeriksaan, diagnosis, pengujian, dan penyesuaian yang diperlukan secara berkala untuk menjaga performa mesin  atau mengembalikan mesin .....