Alamat
  • Jl. Kesehatan No.52, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Kontak Person
  • (0274) 554561
  • (0274) 554561
Jam Kerja
  • Customer Service:
    Senin-Jumat : 08.00 - 16.00 WIB
    Sabtu : 08.00-15.00 WIB
  • Jam Kerja Transaksi:
    Senin-Jumat : 08.00 - 16.00 WIB
    Sabtu : 08.00-15.00 WIB
  • Setip hari buka kecuali tanggal merah

Pengisian Freon AC Mobil Ambulance RSUP Dr.Sardjito Yogyakarta


Mobil Ambulance RSUP Dr.Sardjito mengalamai kendala pada AC. Maka dari itu Gama Auto Service dipercaya untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Ada bebrapa hal yang membuat AC mobil tidak dingin dikarenakan oleh beberpa faktor yaitu :

1. Karena Freon yang Sudah Mulai Habis
Setelah dipakai dalam jangka waktu yang sangat lama, terutama apabila kamu selalu berkendara dengan menghidupkan AC mobil,mungkinan besar freon-nya akan cepat habis. Lebih-lebih jika kamu berkendara dengan tidak teratur, misalnya sering menurunkan kaca jendela pada saat menghidupkan AC juga dapat menyebabkan AC tidak awet.
Freon yang habis selain disebabkan karena waktu pakai yang sangat lama, juga bisa disebabkan karena kebocoran. Beberapa kebocoran terkadang ditemukan pada sambungan pipa AC atau pada sealt saft compressor-nya. Untuk membedakannya sebenarnya tidak terlalu sulit. Apabila freon habis, maka walaupun dalam keadaan on dan di-setting dengan suhu rendah, tetap tidak menghasilkan dingin. Sedangkan apabila relief valve atau seal saft compressor rusak, maka kemungkinan besar AC tetap bisa menghasilkan dingin namun tidak sedingin seperti yang dibutuhkan.

2. Apabila Coil Rusak atau Putus
Penyebab selanjutnya yang perlu diantisipasi adalah apabila spul magnetic clutch putus. Putus atau dalam kondisi mati kedua-duanya adalah penyebab AC tidak dingin. Kamu bisa mengecek kondisi spul atau koil tersebut pada saat menghidupkan mesin. Apabila kompresor AC tidak berputar pada saat mesin hidup, maka hal tersebut adalah salah satu ciri-cirinya.

3. Apabila Fan Belt AC Putus
Fan belt AC pada mobil atau biasa dikenal dengan istilah drive belt juga bisa putus dan menyebabkan AC tidak dingin. Sabuk atau belt ini berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju kompresor.

4. Apabila Radiator Kotor dan Tidak Pernah Dibersihkan
Debu adalah salah satu masalah yang seringkali menyebabkan kondisi mesin, terutama radiator dan kondensor menjadi kotor sehingga kinerjanya akan berkurang. Kotoran-kotoran tersebut menyebabkan mesin AC berkarat dan pembuangan panas menjadi tidak maksimal. Dampaknya, freon yang dibutuhkan harus lebih tinggi sehingga kinerja kondesor tidak sempurna.

5. Cooling Fan Bermasalah
Penyebab lain kabin mobil tidak dingin karena tidak bisa bekerja maksimal adalah, apabila cooling fan motor mati, atau masih hidup, hanya saja putarannya sangat lemah. Semua itu menyebabkan kondensor tidak mampu membuang panas dan tidak berjalan dengan baik sehingga udara sejuk yang dihasilkan tidak maksimal.

6. Overheat pada Sistem AC
Overheat bisa terjadi apabila tekanan dalam sistem AC terlalu besar. Tekanan yang besar dapat menyebabkan putusnya magnetic clutch atau bisa juga anak menyebabkan terputusnya arus listrik menuju field coil sehingga body kompresor tidak bisa bekerja dengan maksimal.

7. Freon yang Masuk ke Sistem AC Kurang
Sebuah mobil membutuhkan untuk freon yang berbeda-beda. Apabila ruang untuk freon tersebut tidak cukup atau terlalu kecil, hari ini akan menyebabkan tekanan berlebihan yang ujung-ujungnya akan menyebabkan jumlah freon yang masuk ke sistem AC berkurang. Penyebab masalah ini biasanya adalah karena kelebihan oli kompresor. Kelebihan oli kompresor tersebut memakan banyak tempat sehingga ruangan untuk freon otomatis berkurang.

8. Evaporator Tidak Pernah Dibersihkan
Blower pada permukaan evaporator biasanya menyebabkan debu dan kotoran terhisap dan masuk kemudian menempel dipermukaan. Hal ini akan menyebabkan penumpukan debu dan lambat laut menyebabkan terputusnya aliran udara. Sumbatan tersebut kemudian akan berefek pada angin AC yang tidak kencang. Untuk mengatasinya kita harus membersihkan evaporator dari kotoran dan sumbatan.

9. Apabila Kompresor AC Aus
Lamanya masa penggunaan juga harus diimbangi dengan servis, pembersihan, dan kontrol. Apabila terus-menerus digunakan, kompresor AC juga bisa terkikis dan aus. Hal ini akan menyebabkan tekanan pada kompresor AC menjadi tidak maksimal dan seringkali menghasilkan bunyi yang berisik. Beberapa ciri-ciri yang bisa kamu kenali untuk menandai bahwa kompresor AC sudah halus diantaranya adalah:
Apabila katup ekspansi dan receiver dryer tersumbat
Apabila sigh glass tampak menghitam

10. Tingginya Temperatur Mesin
Penyebab lain AC mobil tidak dingin bisa juga karena overheating yang terjadi pada mesin. Temperatur yang terlalu tinggi menyebabkan AC tidak dingin.

11. Saluran Pembuangan Tidak Lancar
Saluran pembuangan air bisa juga tersumbat karena kotoran. Biasanya ditandai dengan menetesnya air di bawah dashboard. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui bahwa saluran pembuangan tidak lancar dengan adanya air kondensasi yang memenuhi evap.

12. Kelebihan Penumpang
Jumlah penumpang mobil juga sangat berpengaruh terhadap dinginnya AC. Apabila penumpang full terutama bila diisi dengan orang dewasa, maka kemampuan AC akan berkurang.

13. Cuaca Panas
Cuaca panas, terutama pada siang hari juga dapat menyebabkan AC tidak bisa bekerja dengan maksimal termasuk apabila ditambah dengan penumpang yang terlalu banyak.

14. Karena Thermostat Rusak
Thermostat AC mobil harus diperiksa secara berkala terutama apabila kondisi kabin sudah tidak dingin pada saat menghidupkan AC, hal tersebut juga patut untuk dicurigai. Apabila tidak berfungsi dengan maksimal, sebaiknya segera diganti.

Seteleh di cek ternyata Mobil Ambulance RSUP Dr.Sardjito tersebut freon sudah habis, oleh karena itu harus di isi kembali agar AC berfungsi dan dingin kembali. Untuk Proses pengisian mebutuhkan waktu kurang lebih 1 S/D 2 jam.

Artikel Lainnya :
Kamis, 20 April 2017 - 11:04:20 WIB | dibaca 1486 x
Sekarang alat transportasi khususnya mobil sangat banyak. Oleh karena itu harus ada perawatan yang maksimal. Mobil Operasional Fitra Catering mempercayakan kepada gama auto service untuk melakaukan .....
Jumat, 21 April 2017 - 09:39:02 WIB | dibaca 1317 x
Perawatan dan perbaikan mobil harus di perhatiakan. Apalagi jika mobil tersebut termasuk mobil klasik. Butuh perawatan ekstra pada mobil klasik. Bagi para pecinta mobil klasik jika kebingungan untuk .....
Sabtu, 22 April 2017 - 11:08:14 WIB | dibaca 1533 x
Engine adalah salah satu bagian penting dari kendaraan, yang di dalamnya terdiri dari komponen-komponen yang kompleks dan saling terhubung. Sehingga engine memerlukan perawatan yang rutin agar kerja .....
Selasa, 25 April 2017 - 10:20:16 WIB | dibaca 3209 x
Pada umumnya pekerjaan tune-up adalah proses teratur pemeriksaan, diagnosis, pengujian, dan penyesuaian yang diperlukan secara berkala untuk menjaga performa mesin  atau mengembalikan mesin .....
Selasa, 25 April 2017 - 14:19:26 WIB | dibaca 808 x
Jenis kendaraan yang dilengkapi dengan sistem Electronic Fuel Injection (EFI) pemeliharaan tidak dapat dilakukan oleh mekanik secara manual. Hal tersebut disebabkan beberapa komponen dikontrol secara .....