Alamat
  • Jl. Kesehatan No.52, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Kontak Person
  • (0274) 554561
  • (0274) 554561
Jam Kerja
  • Customer Service:
    Senin-Jumat : 08.00 - 16.00 WIB
    Sabtu : 08.00-15.00 WIB
  • Jam Kerja Transaksi:
    Senin-Jumat : 08.00 - 16.00 WIB
    Sabtu : 08.00-15.00 WIB
  • Setip hari buka kecuali tanggal merah

Tanda-Tanda Kampas Rem Mobil Habis


Kampas rem mobil merupakan komponen vital yang harus diperhatikan setiap pengendara. Tanpa dukungan performa yang bagus pada piranti ini tentu pengendara mobil tidak akan merasa nyaman dan aman selama melakukan perjalanan.

Selain kualitas kampas rem mobil, pengendara juga harus mengetahui usia dan daya tahan dari kampas rem. Sebab, jika kampas rem habis dapat membahayakan pengemudi karena sulit menghentikan laju kendaraan dan melakukan pengereman.

Di samping itu, kampas rem mobil yang habis juga dapat merusak komponan lain seperti cakram rem. Untuk mengenali kampas rem mobil yang habis sebenarnya sangatlah mudah karena Anda bisa merasakannya sendiri lewat perubahan saat melakukan pengereman mobil.

1. Kedalaman Rem

Apabila Anda mulai merasakan pijakan rem mobil sudah semakin dalam dan jauh dari biasanya, itu merupakan salah satu tanda kalau kampas rem mobil sudah aus dan berkurang.

2. Rem yang Bergetar

Ketika mengendarai mobil dalam kecepatan tinggi, kemudian menginjak rem dan pedal anda terasa bergetar, maka itu bisa menjadi tanda kalau kampas rem anda sudah mulai habis.

Getaran terjadi umumnya karena kampas rem yang habis itu memiliki permukaan yang tidak rata sehingga saat mencengkram piringan cakram rem menjadi tidak sempurna dan efeknya menyebabkan getaran pada pedal. Kalau sudah makin parah getaran bisa mencapai ke stir mobil.

3. Muncul Suara Saat Pengereman

Ketika Anda melakukan pengereman kemudian timbul suara seperti gesekan logam, maka itu bisa jadi tanda kalau kampas rem mobil sudah habis. Kampas rem mobil yang habis, sudah pasti akan menyisakan bagian besinya saja. Gesekan dengan cakram rem (logam dan logam) menyebabkan suara muncul.

4. Minyak Rem

Anda bisa memeriksa minyak rem pada kap mobil Anda. Jika minyak rem turun (bukan karena kebocoran) maka ada kemungkinan kalau kampas rem Anda sudah mulai habis.

Jika Anda menemukan tanda-tanda seperti di atas, segeralah untuk membawa ke bengkel atau memeriksa kampas rem mobil sendiri kalau Anda memiliki keahlian. Periksa ketebalan dari kampas rem mobil, jika masih tebal Anda mungkin hanya perlu membersihkannya saja dari kotoran. Sebaliknya, jika kondisi cakram rem menipis, maka Anda perlu mengganti kampas rem mobil. Demi keamanan, kenyamanan dan keselamatan berkendara anda di jalan.


Sumber~otomotif.liputan6.com*

Artikel Lainnya :
Kamis, 20 April 2017 - 11:04:20 WIB | dibaca 1466 x
Sekarang alat transportasi khususnya mobil sangat banyak. Oleh karena itu harus ada perawatan yang maksimal. Mobil Operasional Fitra Catering mempercayakan kepada gama auto service untuk melakaukan .....
Jumat, 21 April 2017 - 09:39:02 WIB | dibaca 1295 x
Perawatan dan perbaikan mobil harus di perhatiakan. Apalagi jika mobil tersebut termasuk mobil klasik. Butuh perawatan ekstra pada mobil klasik. Bagi para pecinta mobil klasik jika kebingungan untuk .....
Jumat, 21 April 2017 - 15:22:48 WIB | dibaca 1229 x
Mobil Ambulance RSUP Dr.Sardjito mengalamai kendala pada AC. Maka dari itu Gama Auto Service dipercaya untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Ada bebrapa hal yang membuat AC mobil tidak dingin .....
Sabtu, 22 April 2017 - 11:08:14 WIB | dibaca 1501 x
Engine adalah salah satu bagian penting dari kendaraan, yang di dalamnya terdiri dari komponen-komponen yang kompleks dan saling terhubung. Sehingga engine memerlukan perawatan yang rutin agar kerja .....
Selasa, 25 April 2017 - 10:20:16 WIB | dibaca 3129 x
Pada umumnya pekerjaan tune-up adalah proses teratur pemeriksaan, diagnosis, pengujian, dan penyesuaian yang diperlukan secara berkala untuk menjaga performa mesin  atau mengembalikan mesin .....